Senin, 19 November 2012

Tugas 5

Perbedaan antara perdangan dengan pemasaran Internasional


Menurut saya perdagangan internasional merupakan salah satu kegiatan berbisnis yang di lakukan salah satu atau kelompok dari masing masing Negara yang meliputi antar individu dengan individu atau individu dengan pemerintahan.
Sedangkan pemasaran internasional merupakan salah satu kegiatan untuk menawarkan produk atau barang antar Negara yang meliputi  perusahaan-perusahaan di berbagai Negara. Biasanya menggunakan media online atau jejaring social.


Jelaskna mengapa setiap Negara melakakukan kegiatan bisnis Internasional !


Mengapa setiap Negara melakukan kegiatan bisnis internasional ?
Menurut saya setiap Negara melakukan kegiatan bisnis internasional, tentu saja untuk menambah income atau pemasukan bagi Negara sendiri, apalagi dengan  di tambahnya pajak bea cukai yang akan menambah biaya pemasukan barang. Contoh, Negara A akan  menjual dan mengirim produknya kepada Negara B sebagai konsumen dengan harga yang sudah di sepakati oleh keduanya. Maka Negara A akan membayar pajak memasukan barang kepada Negara B dan Negara B akan menerima pendapatan dari hasil penjualan barangnya kepada Negara A.
 Adapun alasan mengapa setiap Negara melakukan kegiatan ekonomi tesebut, agar setiap Negara yang melakukan export barang secara besar-besaran ke setiap Negara dengan  kriteria barang yang di exsport tersebut memiliki kualitas dan kuantitas terbaik, maka Negara tersebut akan mendapat pengakuan dari Negara-negara lain. Contoh, Brazil di kenal dengan Negara penghasil kopi dengan kualitas tinggi, memiliki cita rasa yang baik dan memiliki jumlah barang yang cukup banyak dan meng-Export barangnya tersebut ke setiap Negara dan dapat di terima dengan baik maka sampai saat ini Brazil dapat di kenal sebagai Negara penghasil kopi terbaik.
Melakukan bisnis internasional juga dapat menanggulangi kekurangan di setiap Negara. Contoh, Jepang merupakan salah satu Negara yang rawan terjadi gempa bumi. Di setiap tahunnya banyak korban jiwa yang berjatuhan dan banyak memakan kerugian besar besaran akibat bencana tersebut yang meruntuhkan berbagai macam bangunan, seperti perumahan, gedung-gedung perusahaan dan lain-lain. Maka jepang melakukan sebuah inovasi dengan membangun gedung-gedung bertingkat dengan menggunakan bahan pondasi yang berbahan dasar karet, sehingga ketika terjadi gempa bumi, gedung tersebut hanya bergoyang mengikuti gerakan pergeseran lempeng bumi yang di akibatkan oleh gempa bumi tersebut. Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil karet dan sudah terkenal dimana-mana, maka sesuai kebutuhan yang di inginkan jepang maka dia akan membeli karet kepada Indonesia dan tentu saja dengan jumlah yang banyak.

Faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis Internasional

·               Faktor pendapatan
Setiap Negara yang melakukan kegiatan tersebut tentu saja akan menginginkan pendapatan yang banayak dari hasil penjualan tersebut
·               Faktor pengakuan dari Negara lain
setiap negarang yang meng-Ekxport produk unggulannya kepada Negara lain dengan kuantitas dan kualitas terbaik, maka akan dapat di akui oleh Negara-negara lain sebagai penghasil produk tersebut
·               Nilai mata uang/kurs
         Jika mata uang internasional sedang naik maka keuntungan bagi Negara yang meng-Export dan kerugian bagi Negara yang meng-import dan begitupun sebaliknya.
·               Faktor alam
jika suatu Negara mengalami suatu kelangkaan barang yang sangat di butuhkan, maka itu menjadi salah satu kesempatan emas bagi Negara peng-Export barang tersebut
·               Faktor SDM
Jika suatu Negara memiliki kekayaan yang melimpah namun tidak memiliki SDM yang berkualitas agar dapat mengelola barang tersebut, maka negara tersebut akan menjualnya atau meng-Import barang tersebut kepada Negara yang membutuhkan dan dapat mengolahnya


 










 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar