Menurut saya perdagangan
internasional merupakan salah satu kegiatan berbisnis yang di lakukan salah
satu atau kelompok dari masing masing Negara yang meliputi antar individu
dengan individu atau individu dengan pemerintahan.
Sedangkan pemasaran internasional
merupakan salah satu kegiatan untuk menawarkan produk atau barang antar Negara
yang meliputi perusahaan-perusahaan di
berbagai Negara. Biasanya menggunakan media online atau jejaring social.
Jelaskna mengapa setiap Negara melakakukan kegiatan bisnis Internasional !
Mengapa setiap Negara melakukan kegiatan bisnis internasional ?
Menurut saya setiap Negara
melakukan kegiatan bisnis internasional, tentu saja untuk menambah income atau
pemasukan bagi Negara sendiri, apalagi dengan
di tambahnya pajak bea cukai yang akan menambah biaya pemasukan barang.
Contoh, Negara A akan menjual dan
mengirim produknya kepada Negara B sebagai konsumen dengan harga yang sudah di
sepakati oleh keduanya. Maka Negara A akan membayar pajak memasukan barang
kepada Negara B dan Negara B akan menerima pendapatan dari hasil penjualan
barangnya kepada Negara A.
Adapun alasan mengapa setiap Negara melakukan
kegiatan ekonomi tesebut, agar setiap Negara yang melakukan export barang
secara besar-besaran ke setiap Negara dengan kriteria barang yang di exsport tersebut
memiliki kualitas dan kuantitas terbaik, maka Negara tersebut akan mendapat
pengakuan dari Negara-negara lain. Contoh, Brazil di kenal dengan Negara
penghasil kopi dengan kualitas tinggi, memiliki cita rasa yang baik dan
memiliki jumlah barang yang cukup banyak dan meng-Export barangnya tersebut ke
setiap Negara dan dapat di terima dengan baik maka sampai saat ini Brazil dapat
di kenal sebagai Negara penghasil kopi terbaik.
Melakukan bisnis internasional juga
dapat menanggulangi kekurangan di setiap Negara. Contoh, Jepang merupakan salah
satu Negara yang rawan terjadi gempa bumi. Di setiap tahunnya banyak korban
jiwa yang berjatuhan dan banyak memakan kerugian besar besaran akibat bencana
tersebut yang meruntuhkan berbagai macam bangunan, seperti perumahan,
gedung-gedung perusahaan dan lain-lain. Maka jepang melakukan sebuah inovasi
dengan membangun gedung-gedung bertingkat dengan menggunakan bahan pondasi yang
berbahan dasar karet, sehingga ketika terjadi gempa bumi, gedung tersebut hanya
bergoyang mengikuti gerakan pergeseran lempeng bumi yang di akibatkan oleh
gempa bumi tersebut. Indonesia
merupakan salah satu Negara penghasil karet dan sudah terkenal dimana-mana,
maka sesuai kebutuhan yang di inginkan jepang maka dia akan membeli karet
kepada Indonesia
dan tentu saja dengan jumlah yang banyak.
Faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis Internasional
·
Faktor
pendapatan
Setiap Negara yang melakukan
kegiatan tersebut tentu saja akan menginginkan pendapatan yang banayak dari
hasil penjualan tersebut
·
Faktor
pengakuan dari Negara lain
setiap negarang yang
meng-Ekxport produk unggulannya kepada Negara lain dengan kuantitas dan
kualitas terbaik, maka akan dapat di akui oleh Negara-negara lain sebagai
penghasil produk tersebut
·
Nilai
mata uang/kurs
Jika mata uang internasional sedang
naik maka keuntungan bagi Negara yang meng-Export dan kerugian bagi Negara yang
meng-import dan begitupun sebaliknya.
·
Faktor
alam
jika suatu Negara
mengalami suatu kelangkaan barang yang sangat di butuhkan, maka itu menjadi
salah satu kesempatan emas bagi Negara peng-Export barang tersebut
·
Faktor
SDM
Jika suatu Negara
memiliki kekayaan yang melimpah namun tidak memiliki SDM yang berkualitas agar
dapat mengelola barang tersebut, maka negara tersebut akan menjualnya atau
meng-Import barang tersebut kepada Negara yang membutuhkan dan dapat
mengolahnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar